Tips Memperkuat Sinyal GSM di Smartphone

Saat ini banyak cara mudah dalam memperkuat sinyal GSM pada perangkat smartphone maupun tablet. Meskipun beberapa merek smartphone yang lemah dalam menerima atau menangkap sinyal, kini bisa diakali dengan berbagai tips terbaik. Pasalnya sinyal pada sebuah smartphone yang kuat memang sangat diperlukan untuk pengguna yang berada di lokasi pedesaan atau pegunungan.

Bisa dibayangkan jika sinyal smartphone tiba-tiba saja putus saat melakukan panggilan atau browsing. Tentu saja persoalan tersebut akan menjadi masalah yang membuat para pengguna tidak nyaman. Hal ini mungkin terjadi akibat dari layanan operator seluler yang sedang terganggu atau material bangunan di rumah terblokir. Nah, tips berikut ini mungkin bisa mengatasi sinyal GSP pada smartphone agar lebih kuat dari sebelumnya.

Cara Terbaik Memperkuat Sinyal Smartphone

1.Ubah Pengaturan Pilihan Jaringan

Hanya dengan membuat pengaturan jaringan caranya cukup mengetik *#*#4636#*#* pada home screen smartphone. Di dalamya terdapat menu pilihan yang berisi informasi telepon, informasi baterai, history baterai, statistic pemakaian, dan informasi WiFi. Kemudian masuk ke informasi telepon dan scroll hingga ke bawah. Di situlah akan tertera Atur Jenis Jaringan yang Dipilih, dan barulah memilih jaringan pada menu tersebut.

  1. Melakukan Setting Mode Yang Tepat

Melakukan setting pada mode jaringan yang tepat bisa dijadikan tips untuk memperkuat sinyal GSP smartphone. Adapun caranya adalah dengan mengubah pilihan masuk ke bagian menu setting-jaringan atau masuk ke dialer, kemudian tekan tombol *#*#4636#*#* dan barulah masuk ke menu phone informastion-networking. Berikutnya, dapat menetapkan pilihan yang sesuai dengan ketersediaan sinyal provider di daerah masing-masing.

  1. Upgrade Software / Hardware

Selanjutnya adalah melakukan upgrade berupa software maupun hardware pada perangkat smartphone. Metode ini dilakukan agar sinyal ponsel dapat kuat kembali. Secara teknik kinerja perkuat sinyal tersebut adalah dengan mengganti firmware ataupun baseband modem smartphone. Namun cara ini hanya bisa diterapkan pada smartphone yang telah melalui proses rooting. Dengan begitu tips ini diaplikasikan untuk ponsel yang sudah diroot.

  1. Memakai Microcell Pole (MCP)

MCP atau Microcell Pole merupakan pengganti dari menara macro maupun Base Transceiver Station (BTS) yang memakai jaringan frekuensi udara. Sedangkan untuk MCP berbasis fiber optik bergunna sebagai penguat sinyal pada smartphone. MPC sebenarnya perangkat yang dibilang masih baru di Indonesia, sehingga membuat regulasi pemasangan di dalam perangkat tersebut diatur dalam undang-undang.

  1. Menggunakan Signal Booster

Berbagai operator seluler terkadang mengusung perangat signal booster yang mampu memperkuat keadaan sinyal jaringan smartphone. Sebagai contoh, apabila sinyal di dalam perangkat smartphone para pengguna hanya satu bar, memungkinkan hanya dengan perangkat sinyal berupa Signal Booster maka bisa bertambah lebih cepat. Namun disarankan untuk tidak menggunakan signal booster secara ilegal.

Itulah Tips Terbaik Untuk Memerkuat Sinyal GSP di Smartphone. Selain menggunakan perangkat penguat sinyal, anda juga bisa mengandalkan aplikasi yang cukup terkenal seperti Network Signa Strength atau Network Booster Free yang bisa didownload pada Play Store.